Minggu, 17 Februari 2013
0
komentar
Latar Belakang
Pesatnya kemajuan Information and Communication Technology (ICT) atau
Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta meluasnya perkembangan
infrastruktur informasi global telah mengubah pola dan cara kegiatan
bisnis, industri, perdagangan, dan pemerintah. Perkembangan ekonomi
berbasis ilmu pengetahuan dan informasi telah menjadi paradigma global
yang dominan. Kemampuan untuk terlibat secara efektif dalam revolusi
jaringan informasi akan menentukan masa depan kesejahteraan bangsa.
Berbagai keadaan menunjukkan bahwa Indonesia belum mampu
mendayagunakan potensi TIK secara baik, dan oleh karena itu Indonesia
terancam kesenjangan digital (digital divide). Kesenjangan sarana dan
prasarana TIK antara kota dan pedesaan, juga memperlebar jurang
perbedaan sehingga terjadi pula digital divide di dalam negara kita
sendiri.
Agar tidak semakin tertinggal terhadap negara-negara maju, Indonesia
perlu melakukan terobosan sehingga secara efektif dapat mempercepat
pendayagunaan TIK untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mempererat
persatuan dan kesatuan bangsa yang merupakan landasan yang kokoh bagi
pembangunan secara berkelanjutan.
Di dalam hal ini pemerintah perlu secara proaktif dan dengan komitmen
yang tinggi membangun kesadaran politik dan menumbuhkan komitmen
nasional.
Dalam kaitan dengan itu pula, maka Departemen Pendidikan Nasional,
membentuk sentra-sentra ICT pada masing-masing kabupaten dan kota untuk
mengurangi kesenjangan yang ada dan untuk menggali potensi daerah
setempat dengan memanfaatkan sarana teknologi informasi dan komunikasi.
Oleh sebab itu, maka ICT Center adalah unit operasional pada SMK,
PPPPTK atau LPMP yang turut membantu mempercepat pengembangan dan
pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada dunia pendidikan dan
masyarakat.
Maksud dan tujuan
Kegiatan pembangunan ICT Center ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut
- Memberikan kesempatan yang lebih luas kepada guru dan instruktur untuk mendapatkan berbagai jenis pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru dalam mengajar utamanya dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses belajar mengajar.
- Meningkatkan keterpaduan perencanaan dengan melakukan pembinaan SDM secara terpadu (integrated) yang berorientasi kepada pengembangan SDM yang mendukung peningkatan kemajuan dan aktivitas sesuai dengan rencana pengembangan pendidikan tingkat nasional, propinsi dan kabupaten / kota yang berlaku.
- Meningkatkan ketelitian program layanan dan kecepatan perencanaan, pengendalian, pelaksanaan dan evaluasi manfaat dengan menggunakan bantuan sistem perangkat komputer yang telah ada di masing-masing unit kerja.
- Meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan, pengendalian pelaksanaan dan operasi & pemeliharaan prasarana, sarana dan laboratorium yang mendukung program pengembangan pendidikan.
- Menjadi pusat layanan informasi pendidikan bagi komponen sekolah, industri dan masyarakat.
Tugas pokok dan fungsi Secara umum, ICT Center memiliki 3 tugas pokok dan fungsi, yaitu:
1. Pusat pembelajaran dan pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
2. Pusat pembelajaran dan pengembangan Sumber Daya Manusia
3. Pusat pembelajaran dan pengembangan Konten dan Sistem Informasi Pendidikan Pusat belajar dan pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terjadi dengan
amat pesat. Setiap hari, bahkan setiap jam ditemukan berbagai inovasi
terbaru dalam bidang ini. Perkembangan ini harus disikapi secara serius
oleh dunia pendidikan maupun masyarakat, karena kemampuan peserta diklat
maupun masyarakat tidak boleh tertinggal dari kemajuan teknologi yang
telah direngkuh oleh negara-negara lain, sehingga pengkajian mutu dan
materi bahan ajar harus selaras dengan perkembangan kebutuhan industri
maupun perkembangan teknologi yang terjadi di masyarakat. Sebagai pusat
pembelajaran dan mengembangkan TIK, maka kegiatan yang dilaksanakan oleh
ICT Center adalah :
- Mempelajari, mengkaji dan mengembangkan kerangka dan substansi TIK;
- Mempelajari dan mengkaji perkembangan perangkat TIK;
- Mempelajari, mengkaji dan mengembangkan pembelajaran berbasis multimedia;
- Mempelajari, mengkaji dan mengembangkan alat peraga TIK.
Pengembangan Sumber Daya Manusia
Sumber Daya Manusia adalah modal yang paling utama dalam pendidikan.
Kualitas manusia Indonesia amat bergantung kepada kualitas guru dan
instruktur yang ada.
Oleh sebab itu, salah satu fungsi utama dari ICT Center ini adalah
sebagai pusat belajar dan melaksanakan pengembangan SDM secara luas,
utamanya pemanfaatan TIK dalam pemelajaran.
Beberapa kegiatan yang dapat dilaksanakan oleh ICT Center antara lain
: 1. Pusat pembelajaran dan pengembangan Keterampilan Komputer dan
Pengelolaan Informasi (KKPI); 2. Pusat pembelajaran dan pegembangan
bidang keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi; 3. Pusat
pembelajaran dan pengembangan serta penyusunan bahan ajar berbasis
multimedia; 4. Pusat pembelajaran dan pengembangan perakitan komputer
dan jaringan; 5. Pusat pembelajaran dan pengembangan teknologi informasi
dan komunikasi.
Pengembangan Konten dan Sistem Informasi Pendidikan
Pesatnya perkembangan TIK juga berdampak pada pemanfaatan TIK dalam
seluruh kehidupan. Pada dunia pendidikan, pemanfaatan TIK dapat
meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja. Dalam kaitannya dengan
Sistem Informasi Pendidikan, ICT Center bekerja sama dengan Dinas
Pendidikan juga bertugas untuk:
- Pendukung teknis pengelolaan data pokok pendidikan nasional, yaitu data Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN);
- Mengembangkan Portal Pendidikan;
- Mengembangkan Sistem Informasi Administrasi dan Akademik Sekolah;
- Mengembangkan Perpustakaan Digital (Digital Library).
Hubungan antara Jardiknas dan ICT Center
ICT Center sebagai pusat teknologi informasi dan komunikasi pada
kabupaten kota merupakan ujung tombak penyebaran koneksi Jejaring
pendidikan nasional (Jardiknas) pada kabupaten/kota tersebut.
Oleh sebab itu, ICT Center wajib untuk mengelola konektifitas antar
seluruh sekolah yang ada pada kabupaten/kota tersebut dengan jardiknas
melalui dinas pendidikan kabupaten/kota dengan menggunakan wide area
network (WAN), sehingga seluruh layanan yang dimiliki oleh Jardiknas
dapat dinikmati oleh sekolah-sekolah yang ada
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul:
Ditulis oleh ictcentersmkalor
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://ictcentersmkalor.blogspot.com/2013/02/smkn-1-kalabahi-sebagai-ict-center-smk.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Ditulis oleh ictcentersmkalor
Rating Blog 5 dari 5
0 komentar:
Posting Komentar