Kemdikbud Tingkatkan Layanan NISN
Jumat, 05 April 2013
0
komentar
Jakarta
--- Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota sering mengalami
kesulitan mengakses informasi tentang Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
Banyak pengaduan yang masuk melalui Gerai Informasi dan Media (GIM)
dari dinas pendidikan di berbagai daerah mengenai hal tersebut. Sebagai
solusinya, Kemdikbud telah meningkatkan kuota email serta penambahan
bandwidth eksternal pada Februari 2013 lalu, serta penambahan jaringan
telepon untuk pelayanan.
Kesulitan akses informasi tersebut karena kendala
kuota email yang dimiliki Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP)
Kemdikbud, yaitu hanya sebesar 1 GB, serta kondisi lambatnya jaringan
yang tergantung pada Jardiknas. Untuk mengatasi kelambatan tersebut,
PDSP Kemdikbud telah melakukan penambahan bandwidth eksternal pada akses
internet sebesar 5 MB.
Kemudian PDSP Kemdikbud telah menonaktifkan email nisn.pdsp@yahoo.co.id sebagai email untuk pengajuan permohonan NISN karena terjadi over kuota email dan duplikasi email dengan alamat pdsp@kemdiknas.go.id,
sehingga memperbesar dan memperlambat proses penomoran NISN. Karena itu
sejak Januari 2013, PDSP hanya mengaktifkan alamat email satu pintu,
yaitu pdsp@kemdiknas.go.id . Pengajuan NISN sejak Januari 2013 melalui email tersebut menggunakan formulir A1 yang dapat diunggah melalui website http://nisn.data.kemdikbud.go.id.
Informasi tentang pengajuan NISN yang sudah diproses dapat diperoleh
Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan sekolah dengan mengirimkan formulir
yang dapat diunggah pada website tersebut.
Siswa juga dapat mengecek langsung apakah NISN mereka sudah ada atau belum, atau apakah sudah sesuai, melalui website http://nisn.data.kemdikbud.go.id dengan memasukkan nama, serta tempat dan tanggal lahir siswa.
Selain itu, pada Januari 2013 lalu, PDSP sudah memiliki Helpdesk
NISN bersamaan dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), yang dapat
dihubungi pada nomor telepon 021-57905777. Sosialisasi adanya Helpdesk telah dilakukan melalui Data Referensi Kemdikbud, melalui website http://refsp.data.kemdikbud.go.id/ , yang telah lebih dulu disosialisasikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota pada 19 November 2012.
Sementara itu untuk mempermudah dalam menghubungi
PDSP terkait NISN, pada awal Maret 2013 PDSP telah melakukan penambahan
jaringan telepon pada Helpdesk NISN, dengan nomor 021-57904804.
Penambahan bandwidth eksternal serta jaringan telepon tersebut
diharapkan bisa meningkatkan layanan Kemdikbud dalam memberikan
informasi kepada masyarakat terkait NISN. (DM)
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kemdikbud Tingkatkan Layanan NISN
Ditulis oleh ictcentersmkalor
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://ictcentersmkalor.blogspot.com/2013/04/kemdikbud-tingkatkan-layanan-nisn.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Ditulis oleh ictcentersmkalor
Rating Blog 5 dari 5
0 komentar:
Posting Komentar