Pelatihan Sistem Pendataan Pendidikan Menengah Berbasis Web / Online Tahun 2013
Senin, 10 Juni 2013
0
komentar
Jakarta --- Berkaitan dengan reformasi birokrasi yang menghasilkan
Permendikbud Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Organisasi dan Tata Kerja
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu "Memindahkan tugas dan
fungsi pengumpulan data dari Pusat Data Dan Statistik Pendidikan (PDSP)
ke masing-masing Unit Utama" dan Instruksi Menteri Pendidikan Nasional
Nomor 2 Tahun 2011 tentang Kegiatan Pengelolaan Data Pendidikan yang
bunyinya "Sekretaris Direktorat Jenderal diminta untuk merancang
prosedur pengumpulan data, membangun sistem pengumpulan dan penyimpanan
data, dan mengkoordinir pengumpulan semua data pokok pendidikan dari
satuan pendidikan yang berada di bawah pembinaan masing-masing
Direktorat Jenderal" serta surat edaran Dirjen Pendidikan Menengah nomor
: 475/D/PR/2012 "Sistem Pendataan Online Pendidikan Menengah adalah
program aplikasi komputer yang dibangun untuk menyiapkan kebutuhan data
individual sekolah, guru, dan siswa". Sistem ini merupakan bagian dari
sistem informasi yang terhubung dengan sistem pendataan Pusat Data dan
Statistik Pendidikan(PDSP), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Data
yang dihasilkan akan dijadikan acuan untuk proses pengambil kebijakan
pembangunan pendidikan menengah agar lebih terarah dan tepat sasaran
seperti untuk penyaluran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SM, Bantuan
Siswa Miskin (BSM), pemberian bantuan sarana prasarana, penetapan
peserta ujian nasional,dan bantuan lainnya serta merupakan satu-satunya
sistem pendataan yang digunakan oleh ditjen dikmen.
Dari uraian diatas sangat jelas arah dan tujuan yang diemban oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah yaitu melakukan pendataan ditingkat sekolah menengah (SMA/SMK/SMLB). Adapun untuk mempercepat pengumpulan data individu sekolah, ptk, murid dan sarana prasarana ke Server Ditjen Dikmen perlu adanya semacam kegiatan percepatan pendataan sekolah yang masih kosong.
Salah satu kegiatan percepatan pendataan tersebut kami istilahkan dengan sapu bersih (saber) yaitu melatih 1000 petugas operator pendataan di sekolah sekaligus menjaring data-data individu baik siswa, ptk dan sarana prasarana.
Pelatihan Paket Aplikasi Sekolah (PAS) untuk 1000 sekolah menengah baik SMA maupun SMK diadakan pada bulan mei - juni tahun 2013 yang dipusatkan 8 angkatan yaitu angkatan I dan II tanggal 19-22 mei 2013 di Solo dan Jakarta, angkatan III dan IV tanggal 24-27 mei di Bandung, angkatan V dan VI tanggal 29 mei - 1 juni di Jakarta, angkatan VII dan VIII tanggal 3 - 6 juni di Jakarta dan Bandung.
Kegiatan Pelatihan Paket Aplikasi Sekolah (PAS) ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada operator pendataan sekolah bagaimana cara menggunakan aplikasi untuk menginput data siswa, ptk serta sarana prasarana, sehingga hasil yang diharapkan dengan adanya pelatihan ini yaitu mempercepat proses pengiriman data dari sekolah ke server Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah baik kuantitas maupun kualitasnya serta sekolah yang sudah dilatih bisa mengimbaskan minimal 1 sekolah terdekat. (Jls)
Dari uraian diatas sangat jelas arah dan tujuan yang diemban oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah yaitu melakukan pendataan ditingkat sekolah menengah (SMA/SMK/SMLB). Adapun untuk mempercepat pengumpulan data individu sekolah, ptk, murid dan sarana prasarana ke Server Ditjen Dikmen perlu adanya semacam kegiatan percepatan pendataan sekolah yang masih kosong.
Salah satu kegiatan percepatan pendataan tersebut kami istilahkan dengan sapu bersih (saber) yaitu melatih 1000 petugas operator pendataan di sekolah sekaligus menjaring data-data individu baik siswa, ptk dan sarana prasarana.
Pelatihan Paket Aplikasi Sekolah (PAS) untuk 1000 sekolah menengah baik SMA maupun SMK diadakan pada bulan mei - juni tahun 2013 yang dipusatkan 8 angkatan yaitu angkatan I dan II tanggal 19-22 mei 2013 di Solo dan Jakarta, angkatan III dan IV tanggal 24-27 mei di Bandung, angkatan V dan VI tanggal 29 mei - 1 juni di Jakarta, angkatan VII dan VIII tanggal 3 - 6 juni di Jakarta dan Bandung.
Kegiatan Pelatihan Paket Aplikasi Sekolah (PAS) ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada operator pendataan sekolah bagaimana cara menggunakan aplikasi untuk menginput data siswa, ptk serta sarana prasarana, sehingga hasil yang diharapkan dengan adanya pelatihan ini yaitu mempercepat proses pengiriman data dari sekolah ke server Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah baik kuantitas maupun kualitasnya serta sekolah yang sudah dilatih bisa mengimbaskan minimal 1 sekolah terdekat. (Jls)
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pelatihan Sistem Pendataan Pendidikan Menengah Berbasis Web / Online Tahun 2013
Ditulis oleh ictcentersmkalor
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://ictcentersmkalor.blogspot.com/2013/06/pelatihan-sistem-pendataan-pendidikan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Ditulis oleh ictcentersmkalor
Rating Blog 5 dari 5
0 komentar:
Posting Komentar