DIWAJIBKAN KEPADA SELURUH SMA/SMK/SMLB UNTUK MENGISI DATA POKOK PENDIDIKAN SECARA LENGKAP DAN BENAR KARENA AKAN DIJADIKAN DASAR PENERBITAN NOMOR PESERTA UN, PENYALURAN BANTUAN SERTIFIKASI GURU, BOS, BSM, BANTUAN SARPRAS DAN BANTUAN LAINNYA,Terima Kasih_SATU NUSA SATU BANGSA SATU BAHASA SATU DATA_Tim ICT Center SMK Alor

Kemdikbud Beri Akses PTN kepada Empat Siswa Berprestasi UN

Posted by ictcentersmkalor Jumat, 14 Juni 2013 0 komentar
Bagikan Artikel Ini :
Jakarta --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menghadiri taping program Kick Andy di studio MetroTv dengan tema siswa berprestasi dalam ujian nasional (UN) 2013 yang memiliki keterbatasan. Dalam taping tersebut, Mendikbud M. Nuh mengikuti wawancara antara host Kick Andy, Andy F. Noya, dengan empat siswa SMA/SMK yang berprestasi baik dalam UN meski memiliki keterbatasan ekonomi maupun kultur. Keempatnya mendapat akses untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN) dari Kemdikbud, serta beasiswa pendidikan dari Telkom sebesar 27 juta rupiah per orang.
Empat siswa siswa tersebut adalah Imam Wahyudi dari SMKN 2 Cilacap, peraih nilai UN tertinggi se-Jawa Tengah dan DI Yogyakarta; Meta Andriyani dari SMA 1 Kedungwaru, peraih nilai UN tertinggi se-Kabupaten Tulung Agung, Jawa Timur; Alfinura Fajrin, peraih nilai UN tertinggi se-Jawa Timur untuk jurusan IPA SMA; dan Irman Jalil, satu-satunya anak rimba yang mengikuti pendidikan formal dan lulus UN, dari Suku Anak Dalam dari hutan rimba di Taman Nasional Bukit Dua Belas Makekal, Kabupaten Tebo, Jambi.
"Sangat-sangat membanggakan, mengharukan. Saya tidak bisa mengungkapkan. Luar biasa adik-adik kita," ungkap Mendikbud saat ditanya komentarnya usai mendengarkan wawancara dan melihat profil keempat siswa tersebut di studio MetroTv, Rabu malam (12/6), Jakarta. Menteri Nuh juga mengatakan, meski kita memiliki keterbatasan, cita-cita tidak boleh terbatas.
"Ini manfaatnya ada UN. Kalau tidak ada UN, kita tidak mengetahui anak-anak di pelosok dengan kemampuan luar biasa," katanya.
Dalam kesempatan itu Mendikbud memberikan penjelasan singkat tentang program beasiswa Bidikmisi dari Kemdikbud. Bagi calon mahasiswa yang lulus SNMPTN dan SBMPTN dapat berkuliah gratis dengan mendaftarkan diri untuk Bidikmisi. Selama berkuliah mereka tidak akan dikenakan biaya apapun, bahkan setiap bulan akan menerima uang sebesar 600-ribu rupiah.
Khusus untuk empat siswa yang menjadi narasumber dalam program Kick Andy tersebut, Mendikbud memberikan apresiasi berupa akses masuk PTN. Meta Andriyani yang tertarik dengan Matematika diberikan akses masuk ke Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Imam Wahyudi yang jurusan otomotif di SMKN 2 Cilacap, diperbolehkan mendaftar ke politeknik negeri manapun yang diinginkan. "Bisa di Semarang, ada Surabaya, Bandung, Jakarta. Silakan milih, nanti tinggal dikomunikasikan saja," ujar Menteri Nuh. Sementara untuk Alfinura Fajrin yang sudah diterima di Politeknik Perkapalan Surabaya, diperbolehkan memilih politeknik negeri lain. Sedangkan si anak rimba, Irman Jalil, yang bercita-cita menjadi guru, akan melanjutkan kuliah di Universitas Jambi. "Nanti saya komunikasikan dengan Rektor Universitas Jambi," tutur mantan Rektor ITS itu.
Taping program Kick Andy dihadiri 133 siswa/i SD, SMP, dan SMA/SMK dengan nilai UN tertinggi dari 33 provinsi se-Indonesia, para guru, orang tua, mahasiswa, serta Direktur Utama Telkom, Alex Sinaga, dan jajarannya. Sedangkan Mendikbud didampingi Direktur Pembinaan SD, Ibrahim Bafadal; Staf Ahli Bidang Sosial dan Ekonomi Pendidikan, Taufik Hanafi; serta Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Media, Sukemi.  (DM)

Sumber Informasi 


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kemdikbud Beri Akses PTN kepada Empat Siswa Berprestasi UN
Ditulis oleh ictcentersmkalor
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ictcentersmkalor.blogspot.com/2013/06/kemdikbud-beri-akses-ptn-kepada-empat.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter

MAJALAH DIKBUD

TUKAR LINK

ictcentersmkalor

Admin

Admin
Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita || Digital Areas - Original design by Bamz | Copyright of ict center smk alor.