DIWAJIBKAN KEPADA SELURUH SMA/SMK/SMLB UNTUK MENGISI DATA POKOK PENDIDIKAN SECARA LENGKAP DAN BENAR KARENA AKAN DIJADIKAN DASAR PENERBITAN NOMOR PESERTA UN, PENYALURAN BANTUAN SERTIFIKASI GURU, BOS, BSM, BANTUAN SARPRAS DAN BANTUAN LAINNYA,Terima Kasih_SATU NUSA SATU BANGSA SATU BAHASA SATU DATA_Tim ICT Center SMK Alor

Kemdikbud Kembali Selenggarakan Apresiasi Film Indonesia

Posted by ictcentersmkalor Jumat, 01 November 2013 0 komentar
Bagikan Artikel Ini :
Jakarta --- Untuk kedua kalinya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyelenggarakan Apresiasi Film Indonesia (AFI). Apresiasi Film Indonesia tahun 2013 ini tidak hanya mengapresiasi film sebagai karya, namun juga memberikan penghargaan khusus kepada elemen-elemen yang sudah memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan dunia perfilman nasional. AFI 2013 pun mengusung 18 kategori yang keseluruhannya bermuatan nilai budaya, kearifan lokal, dan pembangunan karakter bangsa.
Ke-18 kategori tersebut dibagi menjadi tiga jenis, yaitu kategori utama, kategori monumental, dan kategori khusus. Kategori utama yaitu Apresiasi Film Bioskop, Apresiasi Film Independen (film panjang non bioskop), Apresiasi Film Dokumenter, Apresiasi Film Animasi, Apresiasi Film Pendek, Apresiasi Film Anak, dan Apresiasi Film Pilihan Pemirsa (melalui jejak pendapat). Kategori monumental terdiri dari Apresiasi Film Adi-Karya dan Apresiasi Film Adi-Insani. Sedangkan kategori khusus yaitu Apresiasi Sutradara Perdana, Apresiasi Festival Film, Apresiasi Poster Film, Apresiasi Komunitas, Apresiasi Media Cetak, Apresiasi Media Non Cetak, Apresiasi Film Independen Kategori Pelajar, Apresiasi Film Independen Kategori Mahasiswa, dan Apresiasi Lembaga Pendidikan.
Direktur Jenderal Kebudayaan Kacung Maridjan mengatakan, film merupakan bagian dari kebudayaan. Agar industri film dapat berkembang di suatu negara, salah satu syarat pendukungnya adalah banyak orang yang mencintai film dan mengapresiasi film. "Kemdikbud memiliki misi agar anak didik kita juga memiliki apresiasi kepada film," ujar Kacung dalam jumpa pers tentang AFI 2013, di Graha Utama Kemdikbud, Jakarta, (17/10).
Penilaian terhadap film-film yang akan dinilai dalam AFI 2013 dilakukan oleh Dewan Juri yang diketuai Totot Indrarto. Anggota Dewan Juri tersebut di antaranya Matias Muchus, Jajang C Noer, Erwin Arnada, dan Nirwan Dewanto.
Kacung mengatakan, Kemdikbud tidak akan melakukan intervensi terhadap proses penilaian yang dilakukan Dewan Juri karena itu merupakan hak prerogratif Dewan Juri. "Sepenuhnya saya serahkan ke Dewan Juri," tegasnya.
Ia menambahkan, industri film di dunia tidak lepas dari karakter budaya masing-masing negara. Karena itu Kemdikbud mendukung film-film yang menunjukkan karakter Indonesia, salah satunya dengan memberikan apresiasi.
Selain itu sebagai bukti keseriusan Kemdikbud dalam memberikan perhatian terhadap dunia perfilman, Kacung mengatakan mulai tahun depan Kemdikbud akan merintis laboratorium seni budaya di sekolah-sekolah. "Wujudnya mini theatre. Insyaallah tahun depan kita rintis lebih dari 30 sekolah kita rintis," jelasnya. SDM perfilman, tutur Kacung, bisa ditumbuhkan sejak anak-anak berada di bangku sekolah. Dengan adanya fasilitas yang didukung teknologi yang bagus, serta apresiasi yang baik mulai di tingkat sekolah, diharapkan industri film akan lebih maju di masa mendatang.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2013, dapat dilihat di website www.afi2013.org , facebook AFI 2013, dan twitter @ApresiasiFilmID , atau dengan mengirim surat elektronik (email) ke alamat: sekretariat@afi2013.org. (DM)



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kemdikbud Kembali Selenggarakan Apresiasi Film Indonesia
Ditulis oleh ictcentersmkalor
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ictcentersmkalor.blogspot.com/2013/11/kemdikbud-kembali-selenggarakan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter

MAJALAH DIKBUD

TUKAR LINK

ictcentersmkalor

Admin

Admin
Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita || Digital Areas - Original design by Bamz | Copyright of ict center smk alor.