DIWAJIBKAN KEPADA SELURUH SMA/SMK/SMLB UNTUK MENGISI DATA POKOK PENDIDIKAN SECARA LENGKAP DAN BENAR KARENA AKAN DIJADIKAN DASAR PENERBITAN NOMOR PESERTA UN, PENYALURAN BANTUAN SERTIFIKASI GURU, BOS, BSM, BANTUAN SARPRAS DAN BANTUAN LAINNYA,Terima Kasih_SATU NUSA SATU BANGSA SATU BAHASA SATU DATA_Tim ICT Center SMK Alor

NTT Implementasikan Kurikulum 2013 secara Bertahap dan Terbatas

Posted by ictcentersmkalor Rabu, 24 Juli 2013 0 komentar
Bagikan Artikel Ini :
Kupang – Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (PPO) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Klemens Meba, mendukung implementasi kurikulum 2013 secara bertahap dan terbatas. Bertahap artinya belum pada semua kelas, untuk SD pada kelas I dan IV, SMP pada kelas VII dan SMA/SMK pada kelas X. Terbatas, kata Meba, artinya belum pada semua kabupaten dan belum pada semua sekolah.
“Pada prinsipnya, implementasi Kurikulum 2013 di Provinsi NTT sudah berjalan walau bertahap dan terbatas. Target pada 2014, semua jenjang sekolah di Provinsi NTT sudah melaksanakan Kurikulum 2013,” katanya, Selasa (23/7).
Meba mengatakan, guru dan sekolah sasaran akan mendapatkan pendampingan oleh fasilisator pusat maupun daerah. Hal tersebut dilakukan agar pelaksanaan pembelajaran di kelas akan lebih mantap. Adapun buku untuk pegangan guru telah diserahkan pada saat diklat dan buku pegangan siswa telah dikirimkan ke sekolah masing-masing untuk siap digunakan.
Guru, kepala sekolah dan pengawas, kata Meba, harus siap melaksanakan Kurikulum 2013. Perubahan kurikulum 2013 merupakan program nasional dalam satu sistem yang sama secara nasional. “Karena itu Kurikulum 2013 harus dijalankan, karena Kurikulum 2013 sangat baik,” katanya.
Guna mendukung implementasi kurikulum 2013, LPMP bekerja sama dengan dinas pendidikan kota/kabupaten. Rapat koordinasi, pendidikan dan latihan, workshop, maupun seminar yang berkaitan dengan implementasi Kurikulum 2013, kedua institusi tersebut selalu bekerjasama, sharing  dan mencari solusi untuk mengatasi masalah.
Salah satu sekolah sasaran di Provinsi NTT, SMA N 3 Kupang, mengawali tahun ajaran baru dengan pembekalan dan sosialisasi kurikulum 2013 melalui masa orientasi siswa (MOS). Tahap ini merupakan sosialisi kepada siswa untuk menentukan peminatan bidang ilmu selama belajar di sekolah tersebut. "Proses kegiatan belajar mengajar efektif baru minggu ini,” kata Meba.
Menurut Wakil Kepala SMA N 3 Kupang, Yustni W Pohan, tiga buku pelajaran untuk kurikulum baru yakni Bahasa Indonesia, sejarah dan matematika sudah lengkap untuk sekolah tersebut.
Selain kelas X, pembelajaran tetap menggunakan kurikulum KTSP tetapi bergaya kurikulum 2013. Strategi penyiapan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 yakni dengan melalui sosialisasi dan diakhiri dengan  kegiatan diklat, yang dilaksanakan secara berjenjang yaitu diklat instruktur nasional, dilanjutkan dengan diklat guru inti dan diakhiri dengan diklat guru sasaran. (MS).



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: NTT Implementasikan Kurikulum 2013 secara Bertahap dan Terbatas
Ditulis oleh ictcentersmkalor
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ictcentersmkalor.blogspot.com/2013/07/ntt-implementasikan-kurikulum-2013.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter

MAJALAH DIKBUD

TUKAR LINK

ictcentersmkalor

Admin

Admin
Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita || Digital Areas - Original design by Bamz | Copyright of ict center smk alor.