DIWAJIBKAN KEPADA SELURUH SMA/SMK/SMLB UNTUK MENGISI DATA POKOK PENDIDIKAN SECARA LENGKAP DAN BENAR KARENA AKAN DIJADIKAN DASAR PENERBITAN NOMOR PESERTA UN, PENYALURAN BANTUAN SERTIFIKASI GURU, BOS, BSM, BANTUAN SARPRAS DAN BANTUAN LAINNYA,Terima Kasih_SATU NUSA SATU BANGSA SATU BAHASA SATU DATA_Tim ICT Center SMK Alor

Mainkan Sasando Sampai ke Italia, Djitron Pah Kenalkan Budaya Indonesia

Posted by ictcentersmkalor Selasa, 03 Desember 2013 0 komentar
Bagikan Artikel Ini :
Jakarta --- Siapa bilang alat musik tradisional ketinggalan zaman? Djitron Pah, putera ke empat dari seorang seniman senior Indonesia maestro Sasando Jeremias Ougust Pah (70), mencintai Sasando dan terobsesi mengenalkannya kepada penduduk dunia. Cita-citanya mulai tercapai saat dirinya dipanggil untuk tampil dalam sebuah pentas musik di Italia, September 2012 lalu.
“Ini alat musik asli dan budaya asli Indonesia, dunia harus tahu,” kata Djitron usai tampil dalam acara Anugerah Peduli Pendidikan (APP) yang dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, di Gedung D Kemdikbud Jakarta, Jumat (29/11).
Djitron bersama Sasando buatan tangannya sendiri dalam kesempatan tersebut memainkan dua buah lagu dengan sangat apik. Tak heran, Djitron dan sembilan saudaranya telah belajar memainkan dan membuat sendiri alat musik petik tersebut sejak kelas tiga SD.
“Dari kelas 3 SD bikin Sasando, kelas 5 mulai memainkannya. Dan kelas 5 juga main pertama kali di Jakarta,” tuturnya.
Latar belakang keluarga yang mewajibkan anak-anaknya untuk pandai bermain Sasando juga menjadi pecut bagi Djitron hingga pandai bermain Sasando. Bahkan, di tempat tinggalnya di NTT keluarganya mendirikan sanggar Sasando bagi masyarakat sekitar.
Diakuinya, memainkan Sasando bukan perkara mudah. Dibutuhkan ketekunan dan kemauan yang luar biasa untuk bisa memainkan alat musik tersebut. Setelah belajar di sekolah dan di rumah, akhirnya Djitron bisa menguasai ratusan lagu dengan memainkan Sasando, hingga musik jazz sekalipun.
Sejak 2010 Djitron hijrah ke Jakarta untuk mendekati sumber publikasi bagi alat musik kesayangannya tersebut. Seperti saudaranya, Berto Pah, yang telah lebih dahulu mengenalkan Sasando dalam sebuah ajang pencarian bakat di salah satu stasiun televisi swasta, Djitron pun melakukan hal yang sama. Dan Ia pun berhasil menembus final dalam ajang tersebut.
Sehari-hari Djitron mengasah ilmu bermusiknya di Institut Musik Daya Indonesia. Lepas sekolah, Ia menjadi guru pribadi anak-anak yang ingin belajar Sasando.
Terus berjuang, Djitron! Demi Sasando dan kejayaan budaya Indonesia. (AR)



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mainkan Sasando Sampai ke Italia, Djitron Pah Kenalkan Budaya Indonesia
Ditulis oleh ictcentersmkalor
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ictcentersmkalor.blogspot.com/2013/12/mainkan-sasando-sampai-ke-italia.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter

MAJALAH DIKBUD

TUKAR LINK

ictcentersmkalor

Admin

Admin
Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita || Digital Areas - Original design by Bamz | Copyright of ict center smk alor.