DIWAJIBKAN KEPADA SELURUH SMA/SMK/SMLB UNTUK MENGISI DATA POKOK PENDIDIKAN SECARA LENGKAP DAN BENAR KARENA AKAN DIJADIKAN DASAR PENERBITAN NOMOR PESERTA UN, PENYALURAN BANTUAN SERTIFIKASI GURU, BOS, BSM, BANTUAN SARPRAS DAN BANTUAN LAINNYA,Terima Kasih_SATU NUSA SATU BANGSA SATU BAHASA SATU DATA_Tim ICT Center SMK Alor

Membaca Karya Sastra Suatu Bangsa Berarti Paham Budaya Bangsa itu

Posted by ictcentersmkalor Jumat, 01 November 2013 0 komentar
Bagikan Artikel Ini :
Jakarta--”Salah satu cara yang dilakukan untuk saling memahami antar dunia batin suatu bangsa adalah dengan membaca karya-karya sastra yang dihasilkan oleh negara bersangkutan. Cara ini menghasilkan, antara lain, pemahaman atas dunia budaya dari karya yang dibaca.” Demikian dikatakan Wiendu Nuryanti, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bidang Kebudayaan Kemdikbud dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara Seminar Antarbangsa Kesusasteraan Asia Tenggara, pada  24-25 Oktober 2013 dan Sidang Majelis Sastra Asia Tenggara (Mastera), pada 26—27  Oktober 2013 di  Jakarta.(24/10)                                                                                            
Sehubungan dengan itu, lanjutnya, untuk mencapai pemahaman lintas budaya yang kuat sekaligus perwujudan keharmonisan di antara bangsa serumpun,  mempunyai arti yang sangat penting. Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Singapura sudah bekerja sama dalam mengembangkan kesusastraan di negeri serumpun. Kerja sama tersebut telah menumbuhkan pemahaman yang sama terhadap perkembangan dan pertumbuhan kesusastraan di negera masing-masing imbuhnya.
Dengan demikian, pemahaman lintas budaya yang terjadi pun akan semakin kuat sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan keharmonisan di antara bangsa serumpun,  khususnya bangsa-bangsa yang berada di kawasan Asia Tenggara. Jelas Wamendikbud.
Selanjutnya Wiendu mengatakan, “Dalam kerangka kerja sama serumpun, Majelis Sastra Asia Tenggara (Mastera) tidak hanya berperan dalam upaya pencerdasan bangsa, tetapi juga menjadi simpul pokok dalam mengikat persatuan bangsa serumpun: Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Singapura. Bagaimana pun ketahanan bangsa serumpun ini dapat diikat dengan keserumpunan sastra Indonesia/Melayu yang tentunya mempunyai nilai adiluhung dalam kehidupan ini. “ 
Hanya dengan cara itu, sastra Indonesia/Melayu akan tetap menjadi ciri bangsa Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Singapura. Menggalang ciri keserumpunan tanpa harus saling mendahului atau meninggalkan, apalagi mencurangi atau mengkhianati pasti akan membuahkan hasil yang gemilang dan menyerlah jati diri kita.
Sebagai penutup sambutannya, Wiendu berharap “melalui seminar dan persidangan yang diselenggarakan ini, Mastera selalu dapat memaksimalkan peran dan fungsi sastra di empat negara anggota menjadi sastra yang senantiasa menjadi sarana dalam pengembangan akal budi dan karakter bangsa dalam membawa bangsa serumpun setara dengan bangsa-bangsa maju dalam era globalisasi.”
Peserta yang hadir pada acara  Seminar Antar Bangsa Kesusasteraan Asia Tenggara tersebut di hadiri 200 orang peserta terdiri dari kalangan dosen, guru, mahasiswa, peneliti, satrawan, pengamat sastra dan peminat sastra baik dari dalam negeri maupun luar negeri, para pejabat di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Dayang Hajah Aminah binti Haji Momin, Ketua Delegasi Brunei Darussalam beserta anggota delegasi Brunei Darussalam, Datuk  Awang bin Sariyan, Ketua Delegasi Malaysia beserta anggota delegasi Malaysia, Hadijah Rahmat, Ketua Delegasi Singapura beserta anggota delegasi Singapura, juga turut hadir sebagai peserta seminar.(EH)



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Membaca Karya Sastra Suatu Bangsa Berarti Paham Budaya Bangsa itu
Ditulis oleh ictcentersmkalor
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ictcentersmkalor.blogspot.com/2013/11/membaca-karya-sastra-suatu-bangsa.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter

MAJALAH DIKBUD

TUKAR LINK

ictcentersmkalor

Admin

Admin
Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita || Digital Areas - Original design by Bamz | Copyright of ict center smk alor.